Perlukah Merayakan Ulang Tahun Pertama Anak ?

Perlu tidak sih ulang tahun pertama anak dirayakan ? Kalau dirayakan apa sih manfaatnya ? Memangnya anaknya sudah  tahu ? Kalau tidak dirayakan anaknya sedih tidak yah ?

Yeay ,,, beberapa hari yang lalu ARA genap berumur 1 tahun. Di ulang tahun yang pertama ini saya sengaja tidak merayakan ulang tahunnya, karena ada beberapa pertimbangan :
1. Anak umur 1 tahun belom paham apa itu yang namanya Pesta.
2. Takut kecapekan.
3. Sedikit repot, karena pasti rempong anaknya belum tentu bisa mengikuti acaranya.
4. Hanya akan menjadi ajang pamer Gengsi saja jadinya, karena anaknya saja belom paham.

Nah karena beberapa pertimbangan diatas, saya memutuskan tidak merayakan ulang tahun ARA yang pertama. Walaupun saya tidak merayakan ulang tahun ARA yang pertama, bukan berarti saya ANTI dengan PESTA ulang tahun yah tetapi lebih memilih waktu yang tepat saja untuk merayakannya.
Kalau masih 1 Tahun anak pasti belum mengerti apa- apa, jadi kalau tidak dirayakan pun mereka tidak mungkin bersedih kan ??

Saya kemarin hanya membuat acara untuk simpan kenangan manis saja, jadi hanya bermodalkan kue Tart dan balon balon yang sudah di tempel – tempel didinding kamar. Lalu kami ambil beberapa foto untuk disimpan dan ditunjukkan saat ARA besar nanti dan membuat beberapa nasi kuning sebagai ungakapan bersyukur kami.
Sebenarnya pesta Ulang Tahun ada juga loh manfaatnya moms, kalau kita rayakan di usia yang tepat. Biasanya usia yang tepat yaitu usia dimana anak sudah bisa mengenal orang , misalnya di usia 4 atau 5 tahun ataupun saat anak sudah bersekolah. Pesta Ulang Tahun juga tidak perlu sebenarnya dirayakan sepanjang tahun, cukup rayakan beberapa tahun sekali saja.

Beberapa manfaat merayakan Pesta Ulang Tahun :
- Berkumpul dengan saudara – saudara lainnya
- Mengajarkan anak untuk bersosialisai
- Mengajarkan anak untuk berbagi
- Sebagai bentuk apresiasi Orang Tua terhadap anak
- Memberikan kenangan manis untuk Anak
- Sekalian bisa juga untuk mengajarkan anak bertanggung jawab, jadi saat pemilihan tema, gaun, hampers libatkan anak agar dia yang memilih.
- Membuat hubungan Orang Tua dan Anak semakin erat


Kalaupun misalnya moms tetap ingin merayakan Ulang Tahun Pertama anak moms, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu :

- Tidak perlu mengundang banyak orang, cukup mengundang keluarga dan teman dekat. Anak usia 1 tahun masih takut orang asing, apalagi dalam jumlah banyak.
- Kalau bisa adakan acara di rumah atau tempat yang nyaman buat si kecil.
- Didalam pestanya buat permainan interaktif antara orang tua dan anak. Seperti, main ular naga, moms yang gedong si kecil dan tamu yang lain ikut dalam barisan ular naga. Lakukan permainanya  setelah anak bisa beradapatasi dengan suasana.
- Waktu pesta pilih di jam biasanya anak bermain
- Durasi pesta jangan terlalu lama, maks 2 jam saja.
- Ciptakan suasana pesta yang nyaman. Misalnya pilih tema yang colour full, jangan lupa cek AC atau suhu udaranya jangan sampai anak – anak kegerahan.
- Tidak perlu mengundang Badut, karena anak usia 1 tahun belum paham biasanya malah nangis.
- Sesuaikan Budged yang ada
- Tidak perlu terlalu mewah
- Kalau mau beda, bisa dirayakan di Panti Asuhan, yayasan Difable, atau mengundang anak anak yang urang mampu (Saran kalau memilih ditempat yang bdea ini, kalau bisa tidak perlu tiup lilin atau yang berlebihan. Intinya harus menjaga perasaan tamu – tamu yang diundang )
- Dan jangan lupa rekam acara ulang tahun ini, trus ajak anak nonton saat dia sudah agak besar. Anak pasti senang.


Perayaan ulang tahun bukan temasuk hal yang wajib ya moms hanya pelengkap saja, cukup disesuaikan dengan kemampuan dan ke”mau”an orang tua masing – masing. Bukan berarti tidak merayakan ulang tahun, lalu dianggap tidak sayang anak karena bisa jadi ulang tahun bukan tradisi dikeluarga tersebut. Sesungguhnya yang terpenting adalah bagaimana komunikasi anak dan orang tua sepanjang tahunnya. Terlalu sering merayakannya juga tidak baik, takutnya sekalinya tidak dirayakan anak akan bersedih.


Jadi moms gimana ??
Perlukah perayaan ulang tahun pertama buat anak kita ?? Semuanya tergantung pada orang tuanya yah…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nginep di Discovery Ancol enak gak ??

Ikan Peda Petai Cabe Hijau

Jalan Jalan ke Jakarta Aquarium